Membangun Rumah Impian

Siapa yang tidak butuh rumah? Seperti apa angan-angan rumah impian anda? Apakah di perkotaan? Dekat dengan pusat keramaian? Apakah di pedesaan, dekat dengan alam dan pemandangan indah? Bagaimana bentuknya? Apakah anda menyukai yang tradisional? Ataukah bentuk dan gaya masa kini?
Tapi apa sih pengertian rumah itu?

Rumah tinggal adalah suatu bentuk arsitektur yang paling dekat dengan hidup kita sehari-hari. Dalam konsep ruang, rumah adalah ruang tertutup yang dibatasi oleh lantai, dinding dan atap. Rumah itu sendiri terdiri dari beberapa ruang yang mewadahi fungsi-fungsi kegiatan penghuninya. Rumah tinggal ibarat bingkai foto keluarga anda, dia mewakili mimpi, jiwa, pemikiran serta gaya hidup anda..

Jika anda memiliki niatan untuk membeli atau membangun rumah, sebaiknya jangan terburu-buru untuk memutuskan. Pastikan dulu seperti apa rumah yang paling cocok untuk anda dan keluarga. Jangan ikut-ikutan trend dan atau mudah terpengaruh bujuk rayu para pengembang, karena suatu rumah yang cocok bagi orang lain, belum tentu cocok bagi anda.. Kenapa? Karena anda dan keluarga adalah unik, jadi anda dan keluarga juga pasti membutuhkan rumah yang mewadahi dan mengekspresikan keunikan anda dan keluarga..

Sebaiknya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum anda membeli atau membangun rumah. Pertama anda harus punya studi kecil-kecilan untuk mendapatkan gambaran bagaimana rumah yang ideal untuk anda dan keluarga. Minimal anda perlu baca buku atau majalah yang membahas seputar membeli atau membangun rumah. Dan jika ingin mempersingkat waktu, anda bisa melakukan konsultasi dengan arsitek.

Pertimbangan sebelum membeli atau membangun rumah

Dana

Kesiapan dana sangat menentukan. Yang kerapkali menjadi masalah adalah ketika kita harus memadukan antara idealisme dengan keterbatasan dana yang anda miliki. Disinilah letak pentingnya perencanaan dalam membeli atau membangun rumah. Prinsip ekonominya adalah bagaimana dengan menggunakan dana yang tersedia, kita bisa mewujudkan rumah yang ideal. Jangan abaikan perencanaan rumah anda karena alasan keterbatasan dana. Justru karena dana terbatas, kita harus lebih cermat berencana.. Setuju?

Ya.. jangan sampai karena asal beli atau asal bangun rumah.. Di kemudian hari kurang ini.. kurang itu.. Ketika punya dana lebih renovasi ini… renovasi itu.. Hasil akhirnya rumah anda… acak-acakan dan tidak bergaya.. Lebih parah lagi tidak nyaman ditempati. Jelas sekali, yang seperti itu bukanlah rumah impian anda bukan? Anda semua jelas layak mendapat yang terbaik. Jadi sekali lagi.. Rencanakan.

Persiapan

Berikutnya adalah pemilihan lokasi. Anda yang ingin membeli atau membangun rumah peristirahatan tentu tidak akan memilih lokasi di pusat kota bukan? Atau apakah anda yang membutuhkan rumah yang dekat dengan tempat kerja dan pusat ekonomi kota? Kalau anda merasa lebih nyaman hidup dalam lingkungan perumahan, pilihlah tanah kavling perumahan. Lakukanlah survey untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin mengenai lokasi yang akan anda pilih.

Buatlah checklist atau daftar persyaratan lokasi anda.

Harga tanah dan prospeknya sepuluh tahun ke depan Riwayat lokasi (apakah bekas rawa, kuburan, tempat pembuangan sampah, dan lain-lain..) Keamanan (longsor, tanah bergerak atau sesar gempa, banjir, sengketa, dan lain-lain..) Transportasi dan Mobilisasi (apakah lokasi dapat diakses kendaraan roda empat, dekat dengan transportasi umum, dekat dengan akses tol, dan apakah kondisi jalan cukup baik?) Fasilitas (apakah di lokasi sudah terdapat jaringan listrik, PDAM atau sumber air tanah yang baik, komunikasi–termasuk jaringan telepon dan sinyal) Fisik (pastikan lokasi adalah lahan yang matang, dalam arti kondisi tanah harus kering dan keras, posisi lahan minimal rata dengan jalan. Hal ini untuk menekan pengeluaran anggaran yang sebenarnya bisa dihindari, misalnya : biaya pengurugan lahan, biaya pembuatan pondasi ekstra akibat kondisi tanah lembek karena lahan bekas pesawahan) Tidak kalah pentingnya untuk mengetahui legalitas lokasi.

Pastikan bahwa surat-surat atau sertifikat tanah lengkap dan tidak berada dalam masalah atau sengketa. Cari informasi mengenai peraturan daerah setempat mengenai izin peruntukan lahan dan izin mendirikan bangunan (IMB) Tambahkan checklist anda sendiri untuk hal-hal lain yang anda anggap perlu. Dan jangan sampai anda mendapatkan informasi dari satu pihak saja.. Carilah informasi atau pendapat kedua mengenai lokasi yang anda bidik. Karena mungkin saja anda mendapatkan informasi dari penjual yang hanya memberikan gambaran yang baik-baik saja.. Jadi berhati-hatilah. Jangan lupa Second Opinion.

Perencanaan

Selanjutnya hal yang harus dipersiapkan sebelum membeli atau membangun rumah adalah sebuah gambar desain dan perencanaan rumah tinggal. Desain sebuah rumah hendaknya berangkat dari kesiapan anggaran. Gambaran sederhananya seperti ini..

Bila diasumsikan anda telah memiliki lahan untuk membangun rumah. Dan 1 m2 bangunan rumah tinggal spek menengah membutuhkan biaya 2,75 juta. Sedangkan anda memiliki dana 150 juta. Maka mintalah arsitek anda untuk membuat desain rumah dengan luasanlantai 45 m2 s.d. 50 m2.

Buatlah desain rumah meliputi gambar kerja, rencana anggaran biaya, beserta gambar 3 dimensinya untuk memudahkan anda membayangkan hasil akhirnya serta menjadi panduan anda untuk mengontrol ketika melaksanakan pembangunan rumah.

Konsep Perencanaan Rumah

Merencanakan wujud fisik dan bentuk rumah tinggal tidak terlepas dari aspek fungsional dan aspek konsepsual.

Aspek fungsional meliputi tuntutan dan kebutuhan ruang. Pada umumnya dalam sebuah rumah anda membutuhkan teras, ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur, ruang makan, dapur, dan kamar mandi. Sedangkan kebutuhan ruang yang unik misalnya ruang musik, perpustakaan, ruang kerja, ruang doa atau mushola, bahkan ruang untuk usaha.

Aspek fungsional juga meliputi pemakaian elemen rumah yang tepat dan tanggap terhadap kondisi iklim setempat.
Artinya desain rumah tinggal yang baik selalu berpijak pada nilai kenyamanan yang baik….
Yang didapat dari keberhasilan pengolahan arsitektural (dalam hal ini elemen bangunan rumah tinggal) terhadap potensi iklim…….
seperti cahaya matahari, suhu dan kelembaban udara, angin dan sirkulasi udara, curah hujan setempat, dan lain lain.

Misalnya saja penggunaan desain jendela yang besar untuk memaksimalkan potensi pemandangan alam sekaligus melancarkan sirkulasi udara alami ke dalam rumah.

Sedangkan aspek konsepsual berkaitan dengan konsep, ide, serta jalan pemikiran yang mendasari terbentuknya wujud fisik dan atau penerapan gaya arsitektur tertentu pada sebuah rancangan rumah tinggal. Misalnya saja bentuk rumah tinggal dengan gaya tradisional jogja, atau rumah tinggal modern dengan gaya minimalis…

Atau anda mungkin seorang yang berimajinasi tinggi dengan ide-ide yang cukup gila..
Cukup beranikah anda untuk membayangkan rumah anda bagai pesawat terbang yang siap lepas di landas pacu..
Cukup beranikah anda untuk membayangkan rumah anda bagai susunan mesin mesin motor balap..
Cukup beranikah anda untuk membayangkan rumah anda bagai tumpukan puzzle yang saling berkaitan..

Ya… bebaskan imajinasi anda
Jadikanlah rumah anda unik
Jadikanlah rumah anda lain daripada yang lain
Jadikanlah rumah anda lebih bernilai
Pilihlah ide desain yang mencitrakan diri anda dan keluarga.
Jangan lupa konsultasikan dengan ahlinya.
Agar ide anda dapat diterapkan dalam bentuk arsitektur yang tepat dan benar.

Temukan jasa konstruksi terbaik bahkan untuk rumah impian Anda. PT SAR Karawang adalah kontraktor berpengalaman dalam banyak proyek besar konstruksi dan infrastruktur. Hubungi perusahaan ini segera untuk konsultasi perencanaan rumah impian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.