Syarat dan Prosedur Beli Rumah Lelang

Cari rumah murah yang layak huni memang tidak mudah, tapi juga tidak terlalu sulit kok. Apalagi saat ini ada banyak cara untuk mendapatkan rumah impian, salah satunya dengan mengikuti lelang. Beli rumah lelang bisa jadi alternatif terbaik jika Anda memiliki dana yang terbatas. Sebelum membeli rumah lelang, Anda wajib tahu syarat dan prosedurnya. Simak penjelasan di bawah ini.

Terlebih Dahulu, Ketahui Tentang Rumah Lelang

Rumah lelang merupakan rumah yang telah disita oleh bank sebab pihak debitur tidak mampu melunasi pinjaman atau kredit KPR. Setiap bank biasanya akan menggunakan situs online untuk mengumumkan daftar rumah yang dilelang dengan penawaran harga secara tertulis.  Selain rumah, Anda juga bisa menemukan tanah, gedung perkantoran, toko, apartemen dan sebagainya di situs lelang online tersebut.  

Alasan Membeli Rumah Lelang

Pembelian rumah lelang lebih menguntungkan dari segi harga karena cukup murah daripada rumah KPR. Harga jual yang murah memang sengaja dilakukan untuk menarik minat pelanggan. Hasil lelang penjualan rumah yang murah juga bisa memperbaiki keuangan bank.

Lokasinya Strategis      

Umumnya lokasi rumah lelang berada di tempat yang dengan dengan fasilitas publik seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, perbankan, pusat pendidikan, serta jalan besar. Biasanya ada dalam komplek perumahan yang mudah dijangkau oleh moda transportasi publik.

Syarat dan Prosedur Beli Rumah Lelang

  • Menyetor uang sebanyak 20%-50% dari limit harga lelang ke rekening KPKNL minimal H-1 sebelum pelaksanaan.
  • Penawar diberi kesempatan melihat kondisi fisik barang lelang.
  • Pelaksanaan lelang dapat dibatalkan sewaktu-waktu dan uang jaminan akan dikembalikan seutuhnya.
  • Pembeli diberikan waktu 5 hari kerja paling maksimal untuk melunasi lelang.
  • Status pembelian lelang akan dibatalkan jika pembeli tidak mampu melunasinya, dan uang jaminan tidak akan dikembalikan.

Itulah mengenai rumah lelang, syarat serta prosedur yang harus diketahui pembeli. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *